Marsekal Hadi: TNI Masih Perlu Mentransformasi Diri

Marsekal Hadi: TNI Masih Perlu Mentransformasi Diri
Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan). Foto: Gunawan Wibisono/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Panglima TNI, di gedung DPR, Rabu (6/12).

Di depan Komisi I DPR yang mengujinya, Hadi memulai paparan dengan menyampaikan visi misinya menjadi Panglima TNI. Hadi menyinggung perkembangan teknologi, informasi, komunikasi dan transportasi.

Dia berpandangan ketiga hal tersebut mengubah model interaksi yang paling hakiki antarmanusia bahkan antarnegara.

"Dampak perubahan besar ini telah memunculkan bentuk-bentuk friksi bahkan konflik baru yang berbeda dari apa yang pernah ada sebelumnya," kata Hadi.

Menurut dia, hal tersebut akan memunculkan fenomena-fenomena baru yang dengan sendirinya merubah perspektif ancaman terhadap pertahanan negara.

Hadi menegaskan untuk menghadapi kondisi tersebut, TNI masih perlu mentransformasi diri dari suatu organisasi pertahanan negara yang profesional modern dan tangguh.

Menurut dia, untuk menjadikan TNI sesuai dengan semangat transformasi tersebut, maka diperlukan payung hukum yang kuat. Kemudian, penyesuaian doktrin yang integratif, pengembangan SDM berjiwa kesatria militan, loyal dan profesional yang dilengkapi dengan perlengkapan alutsista yang modern.

"Sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi," kata Hadi. (boy/jpnn)


Hadi Tjahjanto memaparkan visi misi menjadi Panglima TNI di hadapan pimpinan dan anggota Komisi I DPR RI.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News