Martin Manurung: Ekosistem Ultra Mikro Akan jadi Solusi Pembiayaan bagi Pelaku UMKM

Martin Manurung: Ekosistem Ultra Mikro Akan jadi Solusi Pembiayaan bagi Pelaku UMKM
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung sosialisasikan pembentukan ekosistem ultra mikro bagi pelaku UMKM di kawasan Danau Toba, Jumat (4/6). Foto: dokumentasi Martin Manurung

jpnn.com, HUMBANG HASUNDUTAN - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyosialisasikan manfaat dan tujuan pembentukan sinergi ekosistem BUMN ultra mikro kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Jumat (4/6).

Kegiatan yang berlangsung di Si Talbak Coffee & Resto, Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan itu dilakukan secara daring dan tatap muka terbatas diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dengan penerapan protokol kesehatan.

Martin mengatkan untuk memperluas akses layanan keuangan bagi jutaan pelaku usaha kecil termasuk para pedagang tradisional, pemerintah didukung DPR RI bersama dengan BUMN sektor ultra mikro (UMi) dan UMKM akan membentuk suatu ekosistem finansial.

Hal itu dilakukan melalui Sinergi Ekosistem Sektor Ultra Mikro dari tiga BUMN, yakni PT BRI (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yang ditargetkan terbentuk pada semester II 2021.

“Kami mendukung program ini untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada pelaku usaha kecil termasuk pedagang pasar dan diharapkan meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat pra sejahtera," kata Martin.

Politkus Partai NasDem itu menjelaskan, dari 57 juta pengusaha ultra mikro di Indonesia, baru 20 persen saja yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal.

Padahal, katanya, 80 persen segmentasi ekosistem ultra mikro didominasi oleh petani, pedagang tradisional, pemilik toko dan pekerja lepas.

Selain itu, Martin menyebut pelaku ultra mikro dan UMKM itu merupakan tulang punggung pemulihan ekonomi nasional sehingga harus diselamatkan dari tekanan dampak pandemi Covid-19 dan bisa berkembang.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung sosialisasikan pembentukan ekosistem ultra mikro bagi pelaku UMKM di kawasan Danau Toba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News