Marwan Bilang Program Transmigrasi Hebat, nih Datanya

Marwan Bilang Program Transmigrasi Hebat, nih Datanya
Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi terbukti mampu menjadi solusi mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran.

Secara konkret program tersebut tercatat telah membangun 3.608 satuan permukiman (SP) yang berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.183 desa definitif. Kemudian melahirkan 385 ibu kota kecamatan, 104 daerah mendukung terbentuknya ibukota kabupaten, serta dua ibukota provinsi.

“Dari program transmigrasi, juga sudah terbentuk 10.368 wirausaha transmigran mandiri yang tergabung dalam 22 Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW-Trans), serta berkembangnya lembaga-lembaga sosial ekonomi yang dapat lebih mempercepat kesejahteraan masyarakat,” ujar Marwan, Rabu (9/12).

Selain itu, Marwan juga menilai, masalah sosial seperti kehidupan kumuh di kota-kota besar juga bisa diatasi lewat program transmigrasi. Demikian juga dengan laju urbanisasi, bisa ditekan dan keinginan masyarakat untuk bekerja menjadi TKI ke luar negeri otomatis akan berkurang.

Dari sisi infrastruktur, transmigrasi juga secara konkret mendorong pembangunan infrastruktur pemukiman dan kawasan berupa jalan poros penghubung sepanjang 18.432 km, jalan desa 36.685 Km, jembatan 44.200 dan fasilitas umum serta fasilitas sosial sebanyak 57.638 unit untuk membuka keterisolasian wilayah, mempercepat dan mendorong terwujudnya pusat-pusat pertumbuhan baru.

“Banyak sekali catatan transmigrasi yang terbukti mampu mendongkrak kemajuan bangsa kita. Jadi program ini harus ditingkatkan terus, dan harus didukung secara maksimal oleh semua pihak. Jangan memandang transmigrasi sebelah mata,” ujarnya.

Menurut Marwan, pelaksanaan program transmigrasi kini telah dikembangkan dengan konsep dan paradigma baru yang diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan dan penyediaan papan.

Selain itu juga mendukung kebijakan energi alternatif (bio-fuel), mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia, mendukung ketahanan nasional pulau terluar dan wilayah perbatasan, serta menyumbang bagi penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan.

JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi terbukti mampu menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News