Marzuki Dorong Vietnam Makin Berperan di ASEAN

Marzuki Dorong Vietnam Makin Berperan di ASEAN
Marzuki Dorong Vietnam Makin Berperan di ASEAN
JAKARTA - President ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) Marzuki Alie, berharap peran aktif Vietnam dalam menyelesaikan permasalahan Laut China Selatan. Menurut Marzuki,  Vietnam sebagai Country Coordinator ASEAN-China harus lebih aktif mendorong  konsultasi dan negosiasi yang bersifat konstruktif, solutif, efektif, dan strategis antara pihak yang terlibat langsung dalam sengketa Laut China Selatan.

"Dengan demikian, sengketa di Laut China Selatan dapat diselesaikan secara damai dan tidak ada penggunaan kekuatan militer," kata Marzuki melalui layanan BlackBerry Messenger (BBM)  dari Hanoi, Vietnam, usai bertemu Ketua Parlemen Vietnam, Nguyen Sinh Hung, Rabu (5/9).

Selain membahas penyelesaian sengketa Laut China Selatan, Marzuki selaku ketua DPR RI juga mendorong kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Vietnam. Ia berharap kedua negara dapat menjalin kerjasama di bidang investasi dan perdagangan.

"Total nilai perdagangan Indonesia-Vietnam pada tahun 2011 baru mencapai USD 4,7 miliar dolar AS, dan belum mencerminkan potensi perdagangan kedua negara yang dapat mencapai USD 5 miliar dolar AS," katanya.

JAKARTA - President ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) Marzuki Alie, berharap peran aktif Vietnam dalam menyelesaikan permasalahan Laut China

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News