Masih Ada Kelaparan, Bamsoet Minta Pemerintah Cekatan

Masih Ada Kelaparan, Bamsoet Minta Pemerintah Cekatan
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku prihatin dengan bencana kelaparan dan gizi buruk. Menurutnya, pemerintah harus cekatan mengirim bantuan ke daerah yang dilanda kelaparan dan gizi buruk serta sekaligus  mencari solusi permanen agar kasus serupa tak terjadi lagi.

Bamsoet -panggilan akrabnya- menyampaikan hal itu guna merespons bencana kelaparan yang terjadi pada warga Suku Mausu Ane di pedalaman Pulau Seram, Maluku. Bencana itu mengakibatkan tiga warga Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah meninggal dunia.

Karena itu Bamsoet meminta Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah (pemda), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan TNI segera mengirimkan bantuan berupa makanan pokok, perlengkapan tidur yang layak, obat-obatan, serta paket kebutuhan anak. “Bantuan harus segera dikirimkan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (25/7).

Legislator Golkar itu juga mendorong pemerintah melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap Suku Mausu Ane. Untuk itu, kata Bamspet, Kemendagri bersama Kemensos, Kemenkes dan unsur pemda harus turun langsung ke lapangan.

“Agar ada data valid penderita busung lapar atau gizi buruk serta berkomitmen memberikan asupan gizi yang terbaik bagi warga Suku Mausu Ane. Kondisi mereka harus segera dipulihkan,” katanya.

Sedangkan demi solusi permanen, Bamsoet meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku (Bupati Maluku Tengah) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan kunjungan langsung ke daerah tersebut guna mengidentifikasi kondisi lapangan serta mengambil langkah prioritas dalam mengatasi kondisi yang ada.

Selanjutnya, pemerintah harus menguatkan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas dengan melakukan pembangunan infrastruktur air bersih, jalan dan sanitasi di desa yang menjadi lokasi kelaparan. “Agar persoalan serupa tidak terulang kembali,” katanya.

Bamsoet juga mendorong pemerintah menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat. Menurutnya, penciptaan lapangan kerja bisa memanfaatkan dana desa.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah harus mencari solusi permanen agar tidak ada lagi bencana kelaparan dan gizi buruk di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News