Masih Dibutuhkan 3.741 Guru

Masih Dibutuhkan 3.741 Guru
Masih Dibutuhkan 3.741 Guru
KEPANJEN – Dari tahun ke tahun persoalan kekurangan tenaga guru masih menjadi momok bagi dunia pendidikan di Kabupaten Malang. Tahun ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mencatat kebutuhan tenaga guru untuk 33 wilayah di Kabupaten mencapai   3.741 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Teknis Dinas Pendidikan Kab Malang, Niniek Sri Handayani. M.Pd.” Jumlah guru tersebut merupakan rilisan terbaru. Kami terus mengupayakan, jumlah tersebut bisa terisi dan merata,” tandasnya saat ditemui Malang Post (Grup JPNN), Selasa (19/2).

Niniek menyebutkan, kebutuhan guru terbesar pada tingkat  SD yang mencapai 2.741 guru, disusul SMP satu atap 520 guru, SMP Negeri 216 guru,  SMK Negeri 208 guru, SMA Negeri 39 guru  dan TK delapan guru. Dari jumlah tersebut, kebutuhan guru yang dibutuhkan terutama di daerah pelosok Kabupaten Malang.

Selain itu Niniek menjelaskan, kekurangan guru terbanyak terdapat pada sekolah tingkat dasar (SD) karena jumlah SD disetiap kecamatan di Kab Malang sangat banyak. Hal tersebut mengakibatkan daya serap rekrutmen guru tidak seimbang dengan kebutuhan disetiap kecamatan, sehingga angka kebutuhan  tingkat SD terus bertambah. “Jumlah SD tiap Kecamatan terlampau banyak, lain dengan SMP atau SMA Negeri yang tiap Kecamatan hanya memiliki 1 hinnga 3 sekolah saja,” cetusnya.

 

KEPANJEN – Dari tahun ke tahun persoalan kekurangan tenaga guru masih menjadi momok bagi dunia pendidikan di Kabupaten Malang. Tahun ini, Dinas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News