Masyarakat Minang Siapkan Kongres di Bukittinggi

Masyarakat Minang Siapkan Kongres di Bukittinggi
Masyarakat Minang Siapkan Kongres di Bukittinggi
JAKARTA - Ketua Umum Gebu Minang, Mayjend TNI (Purn) Asril H Tanjung menyatakan bahwa Kongres Kebudayaan Minangkabau Gebu Minang (KKM GM) 2010 akan dilaksanakan pada 12 dan 13 Desember 2010 mendatang di Balai Sidang Bung Hatta, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Menurut Asril, kongres tersebut merupakan amanat Musyawarah Besar (Mubes) Gebu Minang Desember 2005 lalu di Kota Sawahlunto.

"Sebagai suatu amanat, pengurus Gebu Minang tentu harus melaksanakannya demi kepentingan masyarakat dan masa depan Minangkabau," tegas Asril Tanjung, kepada pers, di Jakarta, Minggu (21/11).

Dijelaskannya, ada lima pokok bahasan dalam KKM GM. Pertama memusyawarahkan rumusan-rumusan untuk megimplementasikan pengamalan dari Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). "Pondasi berfikir untuk merumuskan teknis pengamalan ABS-SBK itu harus mengacu pada nilai-nilai substansi dari sistem kekerabatan matrilineal yang dianut oleh etnis Minangkabau," kata Asril Tanjung.

Pokok bahasan kedua, lanjut Asril, KKM GM 2010 mencoba untuk memberikan kontribusi pemikiran terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat nagari. "Pentingnya tema ini karena salah satu unsur pimpinan nagari (wali nagari) saat ini telah dijadikan sebagai ujung tombak pemerintahan di Minangkabau. Hal lain yang juga terkait dengan kearifan lokal dalam sebuah nagari, bagaimana forum kongres memberikan kontribusi pemikiran agar fungsi-fungsi penting lainnya nagari juga bisa dioptimalisasi," terang Asril.

JAKARTA - Ketua Umum Gebu Minang, Mayjend TNI (Purn) Asril H Tanjung menyatakan bahwa Kongres Kebudayaan Minangkabau Gebu Minang (KKM GM) 2010 akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News