Matangkan Konsep Penghematan Belanja Pegawai

Matangkan Konsep Penghematan Belanja Pegawai
Matangkan Konsep Penghematan Belanja Pegawai
JAKARTA - Tingginya belanja pegawai dan barang dinilai telah mengakibatkan penggunaan anggaran negara tak efisien. Itu pula sebabnya, saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) tengah menggodok langkah-langkah untuk efisiensi belanja pegawai maupun belanja barang.

"KemenPAN-RB tengah membahas masalah penghematan ini dengan Kementerian Keuangan dan Bappenas. Jadi nanti belanja barang dan pegawai akan dihemat," kata MenPAN-RB Azwar Abubakar di Jakarta, Minggu (2/6).

Azwar menambahkan, dari pembahasan tersebut diketahui bahwa belanja pegawai memang sulit dikurangi karena sudah menjadi komponen tetap. Namun, efisiensi bisa dilakukan dengan membatasi penambahan pegawai baru.

"Sudah kita lihat porsi belanjanya. Kalau belanja pegawai banyak yang tidak bergeser. Peluang terbesar ada di penghematan belanja barang. Apalagi ada temuan belanja barang jadi membengkak karena ternyata dimasukkan komponen pembayaran honorarium serta kegiatan yang tidak berkaitan dengan kinerja," terangnya.

JAKARTA - Tingginya belanja pegawai dan barang dinilai telah mengakibatkan penggunaan anggaran negara tak efisien. Itu pula sebabnya, saat ini Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News