Mau Cegah Kanker? Coba Cara-Cara Ini

Mau Cegah Kanker? Coba Cara-Cara Ini
Foto/ilustrasi: womanhealthsymptom.com

jpnn.com - KANKER tercatat sebagai salah satu penyebab kematian utama di dunia. Kebanyakan penderita kanker memang bisa dirawat dan disembuhkan, terutama bila pencegahan dan perawatannya dimulai sejak dini.

Namun, yang perlu diketahui adalah pola hidup sebagai penyebab kanker. Sebab, kanker dipicu oleh pola hidup yang tak sehat dan sering kali tidak disadari.

Menurut National Cancer Institute (NCI), kanker adalah penyebab kematian kedua di Amerika Serikat. Penyakit jantung adalah yang pertama.

Hanya saja, kebanyakan orang tahu tentang cara-cara untuk mencegah penyakit jantung. Misalnya mengonsumsi makanan yang minim lemak jenuh, berolahraga secara teratur, ataupun berupaya menurunkan kadar kolesterol.

Namun, di sisi lain justru banyak yang tidak paham tentang   cara mencegah kanker. Menurut American Institute for Cancer Research, hampir setengah dari jenis yang paling umum dari kanker bisa dicegah.

Karenanya, memahami dan membiasakan diri dengan pola hidup yang tepat sangat penting untuk mencegah kanker. Menurut laporan terbaru NCI,hingga sepertiga dari kasus kanker di Amerika Serikat terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas, aktivitas fisik dan gizi buruk.

Para ahli mengatakan, mengendalikan beberapa gaya hidup dan kesehatan merupakan kunci untuk bebas dari kanker. Apa saja itu?

1. Diet
"Makan lebih dari beberapa makanan bisa membantu mencegah kanker," kata kepala onkologi, Dr. David Khayat, MD, PhD, seperti dilansir laman safebee, Senin (22/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News