Mau Diet? Coba Makan Sambil Menutup Mata

Mau Diet? Coba Makan Sambil Menutup Mata
Ilustrasi diet.

jpnn.com - Beragam cara dilakukan orang-orang untuk menurunkan berat badan, mulai dengan berdiet, hingga cara yang unik pun dilakukan seperti makan di depan cermin hingga minum air putih sebelum makan.

 Kini, hasil studi kembali menemukan cara unik lain untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan makan tanpa melihat alias tutup mata.

Menurut Prof Britta Renner, peneliti dari University of Konstanz, Jerman, menutup mata akan membuat seseorang makan lebih sedikit dan kenyang lebih lama. Salah satu alasannya, Anda secara fisik akan lebih sulit menemukan makanan di piring.

“Menurut saya, tampaknya orang akan merasa kenyang saat makan tanpa melihat makanan mereka. Penglihatan sebenarnya juga sangat berpengaruh pada nafsu makan,” ujarnya seperti yang dilansir dari Surabayanews.co.id

Tidak hanya itu, makan dalam suasana gelap juga memengaruhi kemampuan seseorang dalam merasakan makanan. Sehingga, makan tanpa melihat makanannya pun kemudian dikaitkan dengan keinginan untuk makan berlebih yang lebih kecil.

“Saat melihat makanan, apalagi dalam jumlah besar, orang akan makan lebih banyak dibandingkan jika ia tidak melihatnya,” imbuhnya.

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Food Quality and Preferences tersebut, Renner dan rekan-rekannya melibatkan sekitar 90 responden. Mereka diberika tiga rasa es krim yakni rasa ceri, karamel dan vanila. Separuh dari mereka dibiarkan makan dengan mata terbuka, sementara sisanya makan dengan mata tertutup.

Setelah itu, mereka diberikan kuesioner dan diminta menyebutkan bagaimana tingkat kepuasan mereka terhadap rasa ketiga es krim tersebut. Didapatkan hasil bahwa mereka yang makan dengan mata tertutup lebih sedikit merasa puas dengan rasa makanan tersebut, dibandingkan dengan kelompok yang makan dengan mata terbuka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News