Mau Ganggu Suara Ahok? Awas, Ada Anak Buah Bang Ongen

Mau Ganggu Suara Ahok? Awas, Ada Anak Buah Bang Ongen
Ongen Sangaji. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD Partai Hanura DKI Mohamad Sangaji membentuk Relawan Cinta Damai (RCD) untuk mengawal suara bagi duet Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat pada pilkada di ibu kota negara.

Politikus Hanura yang beken disapa dengan panggilan Ongen itu mengatakan, anggota RCD mencapai puluhan ribu orang. Nantinya, RCD akan menjaga seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta saat pencoblosan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada 19 April mendatang.

"Jumlahnya ada sepuluh ribu orang yang dibagi di lima wilayah Jakarta. Masing-masing wilayah ada dua ribu. Mereka akan mengamankan saksi dan pemilih pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat,"  kata Ongen, Kamis (9/3). 
 
Ongen menjelaskan, ada pelatihan khusus bagi 10.000 anggota RCD. Mereka bahkan dilatih bela diri, kedisiplinan, sopan santun dan kecepatan bertindak jika terjadi sesuatu di TPS. 

Pelatihan kepada RDC diselenggarakan di daerah Jawa Barat hingga 12 April 2017. Karenanya Ongen memastikan anggota-anggota RCD bukan orang sembarangan.

"Mereka siap amankan dan menindak pelaku intimidasi serta membuat onar di TPS. Tim ini (RDC, red) bukan untuk jago-jagoan, tapi memberikan rasa aman  pada hajatan lima tahunan di Jakarta," ucap Ongen.

Ongen menambahkan, nantinya para relawan berkumpul di setiap wilayah yang tidak jauh dari TPS. Namun, Ongen juga menegaskan bahwa RCD tidak ada kaitannya dengan tim kampanye calon gubernur petahana yang dikenal dengan sebutan Ahok-Djarot itu.

"Pokoknya ada yang melakukan ancaman, RDC langsung bergerak cepat. RDC dilarang bawa senjata apa pun, semua tangan kosong," katanya.(gil/jpnn)


Ketua DPD Partai Hanura DKI Mohamad Sangaji membentuk Relawan Cinta Damai (RCD) untuk mengawal suara bagi duet Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News