Mau Jadi Komisaris BUMN? Gampang!

Mau Jadi Komisaris BUMN? Gampang!
Presiden Joko Widodo saat tertawa lepas dengan para pelawak kondang Tanah Air di Istana beberapa waktu lalu. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menilai di era Presiden Joko Widodo ini, untuk menjadi komisaris di badan usaha milik negara (BUMN) tidak perlu sekolah bisnis tinggi-tinggi.

"Publik yang selama ini memahami banyak sosok sebagai pengamat politik, tiba-tiba berbondong-bondong jadi komisaris di BUMN," kata Riza, dalam Dialektika Demokrasi, "Menguji Integritas Survei Jelang Pilkada", di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Kamis (6/10).

Ke depan ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini, soal pengamat politik yang jadi komisaris di BUMN harus klir. Jangan seperti sekarang.

"Begitu Jokowi menang dan dilantik, pengamat langsung klaim dirinya tim sukses dan diangkat jadi komisaris. Kalau jadi pengamat, pengamat saja, jangan jadi komisaris," tegasnya.

Gara-gara sistem rekrutmen jajaran komisaris BUMN ini lewat profesi pengamat politik lanjutnya, berbondong pula orang untuk jadi pengamat politik.

"Stigmanya begini, untuk jadi komisaris tak perlu sekolah tinggi-tinggi. Cukup lewat jalur tim sukses atau jadi pengamat politik saja. Sekaligus dapat dua jabatan yaitu pengamat iya, komisaris juga," ujar dia.

Mestinya kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Jawa Barat III, pengamat konsisten saja jadi pengamat, jangan rangkap jadi komisaris di BUMN.

"Bahaya kalau pengamat merangkap komisaris di negara demokrasi yang besar ini," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menilai di era Presiden Joko Widodo ini, untuk menjadi komisaris di badan usaha milik negara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News