Mau Kalahkan Jokowi di Pilpres 2019? Contohlah Cara Mahathir

Mau Kalahkan Jokowi di Pilpres 2019? Contohlah Cara Mahathir
Mahathir Mohamad. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati pemilu Harun Husein menilai partai politik di Indonesia bisa meniru keberhasilan Pakatan Harapan mengantar Mahathir Mohamad mengalahkan Najib Razak sebagai petahana dalam pemilihan raya di Malaysia. Menurut Harun, partai-partai di Indonesia bisa mengantarkan figur baru sebagai presiden jika mampu menarik pemilih pemula.

Harun mengatakan, Pakatan Harapan berhasil menarik pemilih pemula di Malaysia dengan memanfaatkan isu-isu yang populer. "Contohnya, berjanji menurunkan pajak dan menggratiskan biaya pembuatan SIM pada anak muda," ujar Harun saat menjadi pembicara pada diskusi di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta, Rabu (16/5).

Harun menguraikan, Mahathir dan tim kampanyenya juga punya jurus lain. Yakni mengangkat kegagalan-kegagalan pemerintahan di bawah kepemimpinan Najib Razak.

Meski demikian, Harun juga mengakui adanya perbedaan sistem pemilu di Indonesia dan Malaysia. Misalnya terkait lembaga penyelenggara pemilu dan pengawasnya.

Namun, Harun meyakini keberhasilan Pakatan Harapan di Malaysia juga menggema sampai Indonesia. "Dampak pemilu di Malaysia besar pengaruhnya (ke Indonesia),” pungkas penulis buku Pemilu Indonesia itu.(gir/jpnn)


Pemerhati pemilu Harun Husein meyakini pemilu di Malaysia yang mengantar Mahathir Mohamad sebagai penguasa baru punya efek ke Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News