Mau Tahu Jumlah Pria Pelanggan PSK? Nih Datanya

Mau Tahu Jumlah Pria Pelanggan PSK? Nih Datanya
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BANJARMASIN – Usaha Pemerintah Kota Banjarbaru menghilangkan praktik prostitusi bakal sulit. Sebab, banyak pria hidung belang di Banjarbaru masih menikmati serivice pekerja seks komersial.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalsel, di Banua terdapat 61.514 pelanggan PSK. "Ini data terbaru dari estimasi Kementerian Kesehatan pada tahun 2012," kata Sekretaris KPA Kalsel Mursalin di laman Radar Banjarmasin, Kamis (1/9).

Ia mengungkapkan, pelanggan PSK termasuk dalam golongan lelaki berisiko tinggi mengidap HIV/AIDS. Tak heran, KPA saat ini mulai gencar melakukan pemeriksaan HIV kepada para pria hidung belang tersebut.

"Kelompok ini menjadi prioritas kami untuk dijangkau," kata Mursalin. Dia menambahkan, para pria hidung belang tersebut masih memiliki istri. Hal itu tentu membahayakn istri.

"Istri yang memiliki suami pelanggan PSK, sangat berisiko mengidap HIV. Lantaran prilaku berisiko yang dilakukan suami," tambah Mursalin.

Ia mengakui, selama ini KPA selalu menjadikan perempuan sebagai sasaran utama karena dianggap paling berisiko. Ternyata anggapan itu salah. Sebab yang paling berisiko sebenarnya ialah para pria.

"Arah program kemudian kita arahkan ke lelaki berisiko. Termasuk pelanggan PSK dan LSL (lelaki seks lelaki)," ujarnya.

Program dilakukan dengan cara menjangkau para lelaki berisiko tersebut. Kemudian mengajak mereka untuk konseling dan mengikuti tes HIV.

BANJARMASIN – Usaha Pemerintah Kota Banjarbaru menghilangkan praktik prostitusi bakal sulit. Sebab, banyak pria hidung belang di Banjarbaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News