Mbah Sangkrah Pimpin Prosesi Larung Sesaji di Pantai Selatan

Mbah Sangkrah Pimpin Prosesi Larung Sesaji di Pantai Selatan
Prosesi Larung Sesaji di pantai Tambakrejo, Blitar, Jawa Timur, Senin (2/9). Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, BLITAR - Sesepuh Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Mbah Sangkrah memimpin prosesi adat larung sesaji di Pantai Tambakrejo, yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa pada Senin (2/9) kemarin.

Prosesi sesajian dilarung dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tambakrejo, setelah sebelumnya dibacakan sejarah Desa Tambakrejo.

Selain sebagai sarana nguri-uri budaya , prosesi larung sesaji juga merupakan salah satu daya tarik wisata pantai selatan ini.

BACA JUGA: Enam Warga Tersambar Api saat Prosesi Ngaben Massal

Dinas Penerangan Lantamal V dalam keterangan persnya, menyebutkan setiap gelaran larung sesaji, Pantai Tambakrejo selalu ramai dipadati pengunjung.

Mbah Sangkrah Pimpin Prosesi Larung Sesaji di Pantai Selatan

Pos Angkatan Laut (Posal) Tambakejo, Blitar yang berada di bawah Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal ) Malang, Lantamal V, turut mengamankan Prosesi Seni Budaya Peringatan Bulan Muharam 1441 H /1 Suro yang dikemas dalam “Larung Sesaji" di pantai DEsa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin (2/9).

Perayaan tahunan kali ini diikuti sedikitnya 5.000 orang dengan ketua panitia Kepala Dinas Potbudpar Blitar, Endro Winarso dan diresmikan oleh Bupati Blitar H. Rijanto.

Mbah Sangkrah memimpin prosesi adat larung sesaji di Pantai Tambakrejo, yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News