Mbak Puan Kaget, Khawatir soal Keselamatan Negara, Lalu Berpesan Begini

Mbak Puan Kaget, Khawatir soal Keselamatan Negara, Lalu Berpesan Begini
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengaku kaget atas peretasan yang menimpa website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengaku terkejut atas peretasan yang menimpa website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dia juga menyayangkan peretasan tersebut dan menilai hal itu harus menjadi evaluasi bagi BSSN.

Pasalnya, BSSN adalah lembaga yang diberi tugas khusus oleh pemerintah dalam hal teknis sistem keamanan siber.

“Saya sungguh terkejut, BSSN yang menjadi ‘tameng’ utama keamanan siber Indonesia justru kena retas,” kata Puan dalam keterangan yang diterima Rabu (27/10).

Puan menegaskan peretasan website BSSN adalah isu serius bagi keamanan siber Indonesia.

“Kalau tameng utamanya bisa diretas, saya khawatir website-website pemerintah lainnya yang menyimpan data publik bisa dengan mudah disusupi,” kata Puan.

BSSN, lanjut dia, perlu mengaudit secara teknis terkait adanya celah sistem keamanan yang disusupi hacker tersebut, sehingga segera berbenah diri, baik secara teknologi maupun SDM.

“Setelah berbenah, barulah bisa melaksanakan tugas keamanan siber. Karena tidak mungkin melindungi keamanan siber pemerintah, kalau belum bisa melindungi diri sendiri,” ucap politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengaku kaget atas peretasan yang menimpa website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News