Mbak Rerie Minta Pemerintah Antisipasi Penambahan Kasus Covid-19 Pascalibur Natal

Mbak Rerie Minta Pemerintah Antisipasi Penambahan Kasus Covid-19 Pascalibur Natal
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan pemerintah harus melakukan antisipasi penambahan kasus positif Covid-19, seiring upaya tes usap atau swab swab yang masif dilakukan sepanjang liburan Natal 2020.

"Di sejumlah titik pada area publik saat liburan Natal ini saya lihat dilakukan test swab secara masif, potensi ditemukannya kasus baru saya kira akan besar. Kondisi ini harus diantisipasi," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/12).

Lestari menilai upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di masa libur Natal ini memang makin ketat di beberapa titik.

Menurut Lestari, ketatnya  pengendalian itu seperti yang terlihat di stasiun, bandara, terminal bus dan sejumlah rest area di ruas tol dengan dilakukannya test swab secara masif.

Bahkan, ujar Lestari, di sejumlah lokasi wisata pun sengaja tutup pada hari libur Natal dan Tahun Baru untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Sosok yang karib disapa Rerie itu mengatakan aparat keamanan di sejumlah daerah juga membatasi jumlah pengunjung ke beberapa lokasi wisata, sambil memeriksa persyaratan penerapan protokol kesehatan bagi para wisatawan dengan ketat.

Meski begitu, legislator Partai NasDem itu menilai upaya aktif melakukan test swab di sejumlah lokasi itu harus diimbangi dengan langkah lanjutan yang terkoordinasi dengan baik.

Sejumlah masyarakat yang reaktif terhadap test yang dilakukan di area publik itu, harus benar-benar ditangani dengan baik dan segera dilakukan tracing secara terukur.

Menurut Mbak Rerie, upaya aktif melakukan test swab di sejumlah lokasi itu harus diimbangi dengan langkah lanjutan yang terkoordinasi dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News