Mbak Rerie: Panduan Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Penting Direalisasikan

Mbak Rerie: Panduan Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Penting Direalisasikan
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan prinsip keterbukaan dalam penerimaan mahasiswa jalur mandiri harus segera dilakukan.. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan prinsip keterbukaan dalam penerimaan mahasiswa jalur mandiri harus segera dilakukan.

Hal itu untuk menekan sejumlah potensi penyimpangan yang ada.

"Saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat semacam panduan untuk memastikan transparansi dalam penerimaan mahasiswa baru harus segera direalisasikan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/8).

Menurut Lestari, panduan yang mengatur agar proses penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri transparan dan akuntabel merupakan instrumen penting dalam upaya menekan potensi penyimpangan.

Di sisi lain, jelas wanita sapaan Rerie, pemahaman dan kepatuhan para penyelenggara pendidikan terhadap panduan tersebut juga tidak kalah penting.

Rerie berharap panduan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri mampu menjadi acuan bagi para penyelenggara pendidikan dalam menghadirkan keterbukaan dan akuntabilitas dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Keterlibatan para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menyusun panduan tersebut, ungkap dia sangat diharapkan untuk mengatasi sejumlah persoalan yang dihadapi dalam penerimaan mahasiswa jalur mandiri saat ini.

"Selain panduan yang jelas dan mudah dipahami, kehadiran para penyelenggara pendidikan yang berintegritas juga sangat penting," tuturnya.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan prinsip keterbukaan dalam penerimaan mahasiswa jalur mandiri harus segera dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News