Mbak Rerie Sebut Penyempurnaan Sistem Pendidikan Perlu Dukungan Semua Pihak

Mbak Rerie Sebut Penyempurnaan Sistem Pendidikan Perlu Dukungan Semua Pihak
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebutkan penyempurnaan sistem pendidikan mesti didukung semua pihak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri harus disempurnakan agar lebih adil dan transparan.

"Berbagai upaya untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik seyogianya didukung. Ini berkaitan dengan dunia pendidikan untuk membangun sumber daya manusia," kata Lestari, Kamis (8/9). 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada Rabu (7/9) mengubah sistem seleksi masuk perguruan tinggi jalur SBMPTN dengan menghapus tes mata pelajaran. 

Seleksi masuk perguruan tinggi yang diberlakukan saat ini dinilai menurunkan kualitas pembelajaran. 

Pada sistem yang baru diharapkan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lebih inklusif dan adil. 

Menurut Lestari, perubahan sistem seleksi masuk PTN yang baru harus benar-benar didasari pertimbangan yang matang sehingga sistem tersebut mampu menjawab permasalahan yang dihadapi selama ini. 

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap Kemendikbudristek terbuka dalam menerima masukan terhadap sistem baru seleksi masuk PTN itu untuk menyempurnakan sistem pendidikan nasional. 

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu menyatakan penyelenggaraan pendidikan ditujukan untuk membangun sumber daya manusia dari sisi intelektual lewat pengajaran berbagai ilmu pengetahuan.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan penyempurnaan sistem pendidikan perlu dukungan semua pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News