Media Aussie Sebut Jenderal Gatot Ngebet Jadi Presiden

Media Aussie Sebut Jenderal Gatot Ngebet Jadi Presiden
Gatot Nurmantyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.Com - Media Australia menyebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tengah memoles citra untuk memuluskan ambisinya menjadi presiden. Sebab bagi Australia, keputusan Gatot menghentikan kerja sama militer antara TNI dengan angkatan bersenjata di Negeri Kanguru itu merupakan hal tak lazim.

Sebagaimana diberitakan tabloid harian The Courier Mail, insiden di fasilitas Australian Defence Force (ADF) di Perth yang dianggap menyinggung TNI mestinya tidak diumbar ke publik. Sumber Fairfax Media yang dikutip media-media Australia pun menganggap Gatot telah mencuri start.

“Itu seharusnya ditangani diam-diam," ujar sumber itu sebagaimana tertulis dalam artikel berjudul Why Indonesian General Gatot Nurmantyo Halted Military Ties With Australia, Kamis (5/1).

Karenanya sumber itu menyebut Gatot punya ambisi politik. "Gatot memiliki ambisi menjadi presiden atau wakil presiden," katanya.

Sumber itu juga mengatakan, sebenarnya banyak kalangan internal TNI yang kecewa dengan kinerja tentara kelahiran 13 Maret 1960 tersebut. Karenanya, Gatot dianggap sengaja memanfaatkan isu nasionalisme untuk mendongkrak citra.

“Pada saat yang sama banyak orang di militer tidak puas dengan dia. Ini adalah cara yang baik baginya untuk memoles kepercayaan tentang nasionalismenya," tuturnya.

Sedangkan pengamat keamanan yang juga profesor di Deakin University, Damien Kingsbury mengatakan, Gatot memang memiliki sejarah permusuhan terhadap posisi strategis Australia. Namun, sambung Kingsbury, keputusan Gatot menghentikan kerja sama antara TNI dengan ADF tanpa merujuk pada kebijakan Presiden Joko Widodo tentu merupakan hal luar biasa dalam hubungan bilateral.

"Ini hal yang sangat aneh," katanya. "Dia (Gatot, red) tahu persis apa implikasi dan dampaknya pada hubungan bilateral.”

JPNN.Com - Media Australia menyebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tengah memoles citra untuk memuluskan ambisinya menjadi presiden. Sebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News