Mega : Semua Capres Ikut Saya

Mega : Semua Capres Ikut Saya
Mega : Semua Capres Ikut Saya
JAKARTA – Calon presiden Megawati Soekarnoputri mengusulkan penanganan masalah tenaga kerja Indonesia (TKI). Megawati berpendapat,  perlindungan TKI mestinya diberikan sejak dari dalam negeri. Karena, banyak sekali persoalan TKI yang muncul ketika masih di dalam negeri

"Mestinya para TKI perlu mendapatkan perlindungan yang lebih baik dan pengawasan yang cukup ketat,'' kata Megawati pada acara Depat Capres Pertama yang disiarkan TransTV, Kamis malam (18/6).

Dijelaskan Megawati, jika masalah di dalam negeri sudah beres, maka masalah di luar negeri pun bisa dihindari. Karena jika tidak, dikhawatirkan kalau para TKI sudah terlanjur ke luar negeri dan punya masalah, akan sangat sulit diselesaikan. Mengingat hal tersebut akan diselesaikan melalui hubungan bilateral antar kedua negara.

Menanggapi usulan Megawati, SBY pun memberikan dukungan penuh. "Persoalan TKI di dalam negeri memang menjadi pangkal segalanya, sehingga perlu diperbaiki,'' kata SBY. Namun, jika para TKI sudah sampai di luar negeri, tentunya diperlukan kerjasama yang konkret.  Misalnya masalah perizinan di Malaysia. Artinya, jika dulu 40 hari, sekarang cuma 3 jam. "Kita memang perlu menggunakan atase tenaga kerja di banyak Kedutaan Besar. Selain itu, perlindungan hukum juga diperlukan untuk membantu. Artinya, mata rantai harus dilakukan secara serentak," ungkapnya.

JAKARTA – Calon presiden Megawati Soekarnoputri mengusulkan penanganan masalah tenaga kerja Indonesia (TKI). Megawati berpendapat,  perlindungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News