Mega Usul PBB Direkstrukturisasi

Untuk Menstimulus Perdamaian di Palestina

Mega Usul PBB Direkstrukturisasi
Mega Usul PBB Direkstrukturisasi
SOLO - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan keprihatinannya atas konflik bangsa Palestina dan Israel. ''Konflik Palestina merupakan krisis kemanusiaan. Dan sebagai bangsa yang memiliki cita-cita perdamaian dunia kita merasa prihatin atas krisis kemanusiaan di Palestina,'' kata Megawati di Solo, Selasa (27/1).

Menurut Megawati, penyelesain masalah Palestina hanya bisa dilakukan dengan merestrukturisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dengan menghilangkan hak veto negara-negara besar di lembaga ini. Dengan restrukturisasi PBB, diharapkan dapat menstimulus perdamaian di Palestina. ''Karena, apa yang berlaku di PBB saat ini merupakan tradisi peninggalan setelah perang dunia kedua. Dan kondisi sekarang sudah jauh berbeda,'' kata Megawati.

Untuk dapat menjadi stimulus maka proses revitalisasi dan restrukturisasi terhadap lembaga ini harus terus dilakukan melalui perluasan keanggotaan tetap dewan keamanan, struktur PBB pada saat ini masih menjadi cermin konstelasi pascaperang dunia kedua. Padahal dunia sudah sangat berubah, negara-negara besar baru bermunculan.

Dalam konteks regional, Megawati yang juga mantan Presiden mengatakan, peran ASEAN harus terus dikembangkan, sehingga cita-cita menjadikan kawasan ini sebagai suatu strategis, sebagai comunity, benar-benar dirasakan manfaatnya dan kehadirannya bagi masyarakat yang berada di kawasan tersebut khususnya dan dunia pada umumnya.  (aj/JPNN)


Berita Selanjutnya:
NU Tetap Tak Haramkan Rokok

SOLO - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan keprihatinannya atas konflik bangsa Palestina dan Israel. ''Konflik Palestina


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News