Megawati Bersaksi Bung Karno Tempatkan Seniman dengan Tujuan Bernegara

Sabtu, 05 Juni 2021 – 17:49 WIB
Megawati Bersaksi Bung Karno Tempatkan Seniman dengan Tujuan Bernegara - JPNN.com
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidatonya saat membuka pameran seni rupa 'Akara' yang dilaksanakan dalam rangka Bulan Bung Karno di Kantor DPD PDIP Yogyakarta, Sabtu (5/6). Screenshot akun PDIP di YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyaksikan betapa ayahnya, Bung Karno sangat memuliakan para seniman.

Menurut Megawati, proklamator RI itu banyak bersentuhan dengan begitu banyak seniman dan budayawan.

"Bung Karno menggelorakan rasa cinta pada tanah air melalui budaya, melalui seni lukisan, seni patung, seni tari, dan berbagai ekspresi kebudayaan lainnnya," kata Megawati dalam pidatonya saat membuka pameran seni rupa 'Akara' yang dilaksanakan dalam rangka Bulan Bung Karno di Kantor DPD PDIP Yogyakarta, Sabtu (5/6). 

Putri Bung Karno itu mengingat bahwa dengan para seniman tersebut, sang ayah bisa berdialog berjam-jam. 

"Saya menjadi saksi bagaimana Bung Karno menempatkan peran para seniman tersebut berkaitan dengan tujuan bernegara, menggelorakan nasionalisme, dan patriotisme. Bahkan dalam seluruh karya, para seniman tersebut dapat menggambarkan imajinasi tentang arah masa depan dan cita-cita Indonesia Raya tercinta," kata Megawati.

Oleh karenanya, Presiden Kelima RI itu mengatakan dirinya menyambut baik pameran itu, sebagai bagian dari Kegiatan Bulan Bung Karno 2021.

Mega menyampaikan terima terima kasih kepada seluruh seniman yang telah terlibat dan mempersembahkan karyanya di dalam pameran ini.

"Kesemuanya mengekspresikan gagasan besar Bung Karno, juga tentang Pancasila, Kebhinnekaan Indonesia, ekspresi keindahan tanah air, dan berbagai ekspresi yang menggambarkan potret kehidupan rakyat. Namun juga semangat rakyat untuk berbicara tentang keindonesiaan kita," tambahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...