Megawati Sampaikan Pesan Bung Karno untuk Wisudawan Unnes

Megawati Sampaikan Pesan Bung Karno untuk Wisudawan Unnes
Kandidat doktor Universitas Pertahanan (Unhan) Hasto Kristiyanto menyampaikan pidato inspiratif di hadapan peserta upacara wisuda ke-110 Unnes, Rabu (9/3). Foto: Tim Dokumentasi Hasto Kristiyanto.

jpnn.com, SEMARANG - Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menyampaikan pesan dari Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno atau Bung Karno kepada para wisudawan Universitas Negeri Semarang (Unnes).Ketua umum PDI Perjuangan itu meminta para wisudawan mempraktikkan ilmu pengetahuannya demi kepentingan kemanusiaan dan kemajuan bangsa. 

Pesan Megawati itu disampaikan kandidat doktor Universitas Pertahanan (Unhan) Hasto Kristiyanto saat menyampaikan pidato inspiratif di hadapan peserta upacara wisuda ke-110 Unnes, Rabu (9/3). 

“Ibu Megawati Soekarnoputri mengingatkan pesan Bung Karno bahwa seluruh ilmu pengetahuan yang diperoleh hanya berguna apabila dipraktikkan bagi kepentingan amal kemanusiaan dan bagi kemajuan bangsa,” kata Hasto. 

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu juga mengatakan Megawati merasa bangga dan menyampaikan selamat kepada para mahasiswa. 

Sebab, tunas-tunas kepemimpinan bangsa yang digembleng di perguruan tinggi hari ini dinyatakan siap mengemban tugas-tugas bermasyarakat dan bernegara.  

Menurut Hasto, para sarjana baru di seluruh strata memiliki tanggung jawab besar untuk nantinya dapat terjun ke dunia nyata. Mereka harus membangun energi positif bagi kemajuan bangsa.

Politikus asal Yogyakarta itu juga mengatakan Unnes memberi perhatian serius pada isu bagaimana menemukan kembali kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Sementara, dunia saat ini menghadapi tantangan kepemimpinan era modern yang tidak terlepas dari kondisi global yang diwarnai volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA).  

“Saya menilai kepemimpinan Indonesia tidak akan mungkin dibangun tanpa memiliki keunggulan di dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Hasto. 

Megawati menyampaikan kembali pesan Bung Karno untuk mahasiswa Unnes yang diwisuda hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News