Meksiko Tangkapi Jaringan Kartel Narkoba

Meksiko Tangkapi Jaringan Kartel Narkoba
Meksiko Tangkapi Jaringan Kartel Narkoba
MONTERREY - Kepolisian Meksiko Rabu (13/6) lalu mengumumkan penangkapan terhadap lebih dari 50 orang terduga anggota kartel narkoba Zetas di negara bagian Nuevo Leon si bagian utara negeri Sombrero tersebut. Dikabarkan AFP Kamis (14/6), di antara mereka yang ditangkap terdapat juga 2 orang polisi yang masih aktif serta beberapa wanita dan anak-anak.

Penangkapan ini dilakukan sehari setelah aparat hukum di Amerika Serikat menyidangkan Miguel Angel Trevino Morales yang diduga kuat sebagai orang nomor 2 di geng tersebut.  Bersama 13 orang lainnya, Morales didakwa melakukan pencucian uang dengan menyembunyikan jutaan dolar hasil penjualan narkoba dalam ajang pacuan kuda dan peternakan kuda balap.

Meski demikian aparat di Meksiko membantah penggerebekan yang mereka lakukan berkaitan dengan penangkapan di negeri tetangga mereka yang juga merupakan pasar terbesar bagi obat-obatan terlarang asal Meksiko. Sementara negara bagian Nuevo Leon memiliki posisi yang berbatasan langsung dengan negara bagian Texas di AS.

Jorge Domene, seorang juru bicara kantor kejaksaan lokal mengatakan bahwa 52 orang termasuk 8 wanita dan 5 anak-anak, ditangkap aparat keamanan melalui berbagai operasi yang berlangsung sejak tanggal 8 Juni lalu. “Para tersangka memegang peranan penting bagi kelompok kriminal tersebut, mulai dari petinggi cabang lokal sampai pembunuh dan mata-mata,” kata Domene.

MONTERREY - Kepolisian Meksiko Rabu (13/6) lalu mengumumkan penangkapan terhadap lebih dari 50 orang terduga anggota kartel narkoba Zetas di negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News