Membuka Kelana Nusantara di Sragen, Sandiaga Uno Mendorong Sektor Parekraf Menciptakan Lapangan Kerja

Membuka Kelana Nusantara di Sragen, Sandiaga Uno Mendorong Sektor Parekraf Menciptakan Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka Kelana Nusantara di Sragen, Jawa Tengah, Selasa (17/5). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, SRAGEN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  membuka Kelana Nusantara di Sragen, Jawa Tengah, Selasa (17/5). Sandiaga Uno mendorongs sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Sragen dapat terus berkembang. 

"Saya betul merasa terhormat diundang diberikan kesempatan untuk membangun dan melihat semangat dari para pelaku ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.  

Menurut dia, aktivitas parekraf di Sragen menunjukkan semangat kebangkitan yang sudah di depan mata untuk membuka peluang usaha terbuka, dan penciptaan lapangan pekerjaan. 

"Saya yakin hal tersebut dapat menyejahterakan masyarakatnya sesuai tatanan ekonomi baru arahan dari Pak Presiden Jokowi, kita bergeser dari pandemi menuju endemi, tetapi berpihak pada UMKM," ucap Sandiaga Uno.

Dia menyebut pengembangan sektor parekraf perlu pendekatan inovasi, adaptasi, kolaborasi, dan digitalisasi. 

"Kebangkitan ekonomi kita adalah kebangkitan berkualitas dan memiliki standar berdasarkan pelajaran yang diterima dari pandemi adalah CHSE,  yakni kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan," jelas Sandiaga Uno.

Sandi mengaku pelajaran yang didapatkan setelah bertemu dengan pelaku parekraf di Sragen, adalah mereka menginginkan pelatihan, pendampingan, mendapatkan perizinan, dibantu pemasaran, pelaporan keuangan sehingga bisa dapat akses pembiayaan.

“Yang paling pertama mereka adalah perlu perhatian dari pemerintah. Ini yang bersama kita harus gagas ada ide creative hub yang nanti one stop services. Buat semua keperluan UMKM mulai dari BPOM, dari segi hama, bahan baku, itu semua akan dihadirkan di sana," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Kelana Nusantara di Sragen, Jawa Tengah. Sandiaga Uno mendorong sektor parekraf menciptakan peluang ekonomi dan lapangan kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News