Memperkaya Jiwa, Kuliah Sambil Jalan-Jalan Ala Alumni Australia

Memperkaya Jiwa, Kuliah Sambil Jalan-Jalan Ala Alumni Australia
Memperkaya Jiwa, Kuliah Sambil Jalan-Jalan Ala Alumni Australia

Kuliah sambil jalan-jalan bukanlah hal yang mustahil jika anda berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Apalagi jika pengalaman itu membawa perubahan dalam hidup. Dua alumni Australia asal Indonesia, Sasha Tjie dan Tri Mulyani Sunarharum, baru-baru ini, menuangkan pengalaman ‘jalan-jalan’ mereka semasa studi di negeri tetangga dalam buku ‘Soul Travellers’ yang ditulis bersama 37 penulis lain.

Ada pepatah tanpa nama mengatakan ‘Kita bepergian bukan untuk meninggalkan hidup, tapi agar kehidupan tak meninggalkan kita’. Bepergian diartikan sebagai proses pembelajaran, tak hanya sekedar pelesir dan bersenang-senang.

Bagi Venisha Tjie, yang lebih dikenal Sasha Tjie, pengalaman jalan-jalan juga merupakan ritual pembelajaran diri. Pengalamannya mengeksplorasi kota Melbourne semasa berkuliah di Deakin University, ia tulis dalam buku ‘Soul Travellers’, sebuah buku bersama yang ditulis oleh 39 orang Indonesia yang pernah belajar, bekerja atau bepergian ke luar negeri.

“Aku menuliskan tentang Melbourne, karena aku 3,5 tahun kemarin tinggal di Melbourne pas kuliah creative writing. Nulisnya tentang pengalaman jalan-jalan di sana,” tutur Sasha kepada Nurina Savitri dari Australia Plus.

Memperkaya Jiwa, Kuliah Sambil Jalan-Jalan Ala Alumni Australia
Yani dalam acara peluncuran buku 'Soul Travellers' di Jakarta (16/9).

Facebook; Tri Mulyani Sunarharum

Dalam ‘Soul Travellers’, perempuan yang kini bekerja di dunia fesyen ini banyak mengeksplorasi gedung-gedung dan karya arsitektur yang bertebaran di Melbourne.

“Selain itu, aku juga explore seni-nya karena Melbourne kan kotanya artsy (berseni) banget…cocok sama kuliah aku yang memang bachelor of art in creative writing (sarjana seni bidang penulisan kreatif),” ujarnya.

Tak hanya itu, Sasha juga menyelipkan pengalaman studinya dan secuil pengalaman pribadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News