Menag Anggap Wajar Penyelenggaraan Haji Selalu Bermasalah

Menag Anggap Wajar Penyelenggaraan Haji Selalu Bermasalah
Menag Anggap Wajar Penyelenggaraan Haji Selalu Bermasalah
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Alie menegaskan bahwa penyelenggaraan haji memang selalu bermasalah dari tahun ke tahun. Namun hal itu dinilainya wajar, siapa pun menterinya.

Dia mencontohkan permasalahan transportasi yang banyak mengalami keterlambatan. Menurut menteri yang dikenal dengan inisial SDA itu, jarak dari Mekah ke Arafah sekitar delapan kilometer. Sedangkan dari Arafah ke Mina juga delapan kilometer.

Sementara jumlah jamaah haji kurang lebih tiga juta orang. Kalau dibagi satu bus 50 orang artinya dibutuhkan 60 ribu bus.Jika panjang bus lima meter, dan dijejerkan lurus, panjangnya sekitar  300.000 meter atau 300 kilometer. "Jadi wajar kalau ada antrean dan keterlambatan,” tegas SDA saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (5/12) di Jakarta, terkait Penyelenggaraan Haji 2011.

Meski demikian SDA setuju jika jajaran Kemenag diberi tambahan pelatihan mengenai agama  agar tidak korupsi dan bisa bekerja lebih baik. "Kita semua saya rasa harus terus belajar agama sampai mati,” tegasnya.(boy/jpnn)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Alie menegaskan bahwa penyelenggaraan haji memang selalu bermasalah dari tahun ke tahun. Namun hal itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News