Menag Tak Siarkan Sidang Isbat Secara Langsung

Menag Tak Siarkan Sidang Isbat Secara Langsung
Menag Tak Siarkan Sidang Isbat Secara Langsung

jpnn.com - JAKARTA - Tahun ini, masyarakat sepertinya tak lagi bisa menonton sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1435 H secara langsung di televisi. Pasalnya Menag Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa pihaknya tak akan menyiarkan sidang isbat secara live di beberapa stasiun televisi seperti yang dilakukan mantan Menag Suryadharma Ali. 

"Saya kira tidak perlu disiarkan langsung proses jalannya sidang. Cukup hasilnya saja yang disiarkan langsung," kata Lukman seperti yang tertulis dalam keterangan resmi kepada beberapa media.

Menurutnya, dalam sidang isbat itu pihaknya akan mengundang seluruh organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam. Seperti biasa, nantinya antarpengurus ormas Islam mengeluarkan argumentasi dalam forum. 

Pengganti Suryadharma Ali itu lantas menjelaskan mengapa dirinya tak akan menyiarkan secara langsung sidang tersebut. Menurutnya, jika sidang tersebut disiarkan secara langsung akan berpotensi berlangsung lebih lama. Menurutnya, karena banyak mengundang ormas, pihaknya khawatir orang-orang yang hadir hanya terobsesi untuk "masuk" televisi.

"Kalau disiarkan langsung, nanti malah ada yang merasa bisa masuk televisi, jadi dia nanya saja walaupun pertanyaannya tidak bermutu, asalkan masuk televisi," katanya.

Lukman juga meminta semua pihak untuk menghormati hasil sidang isbat nanti. (ant/rr/mas)


JAKARTA - Tahun ini, masyarakat sepertinya tak lagi bisa menonton sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1435 H secara langsung di televisi. Pasalnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News