Menag Tuding Kisruh Ambon Sengaja Disulut

Menag Tuding Kisruh Ambon Sengaja Disulut
Menag Tuding Kisruh Ambon Sengaja Disulut
JAKARTA -- Menag Suryadharma Ali (SDA) menyebut kerusuhan Ambon terjadi bukan karena perbedaan keyakinan masyarakat, muslim dan nasrani. Dia menduga ada pihak tertentu yang sengaja membuat konflik memanas. Keterangan tersebut disampaikan seusai acara halalbihalal di Kemenag kemarin (12/9) sore.

Ketua Umum DPP PPP itu menjelaskan, pihak Kemenag sudah mengontak jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Maluku. "Laporan sementara yang masuk ke kami, kondisi sudah kondusif,'' jelasnya kemarin (12/9). "Dilaporkan masih ada penjagaan ketat di beberapa titik," imbuhnya.

Imbas dari konflik ini, SDA meminta jajaran Kanwil Kemenag Maluku mengumpulkan seluruh tokoh agama dan tokoh politik. Pemanggilan para tokoh ini diharapkan SDA bisa ikut meredam gejolak di Ambon. "Saya harap dari pertemuan itu, Ambon bisa kembali sejuk dan kondusif,'' katanya.

Menurut SDA, pihaknya benar-benar kaget terkait pecahnya kerusuhan di Ambon tersebut. Sebab, sebelum Ramadan lalu, dia bersama jajaran pejabat Kemenag berkunjung ke sana untuk memantau pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2012. SDA mengklaim, upaya recovery di Ambon pasca konflik bermotif SARA beberapa tahun terakhir cukup memukau. "Jika saya prosentasekan, upaya recovery-nya lebih dari 100 persen,'' katanya.

JAKARTA -- Menag Suryadharma Ali (SDA) menyebut kerusuhan Ambon terjadi bukan karena perbedaan keyakinan masyarakat, muslim dan nasrani. Dia menduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News