Menaker Ida Fauziyah Minta Dirjen ILO Dukung Pengembangan Ketenagakerjaan di Indonesia

Menaker Ida Fauziyah Minta Dirjen ILO Dukung Pengembangan Ketenagakerjaan di Indonesia
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama sejumlah pejabat Kemnaker melakukan pertemuan bilateral dengan Direktur Jenderal ILO Gilbert Houngbo di Jenewa, Swiss, Jumat (10/6). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta sejumlah dukungan dari Organisasi Buruh Internasional atau ILO dalam rangka meningkatkan sektor ketenagakerjaan di Indonesia.

"Indonesia membutuhkan dukungan dari ILO, khususnya untuk pengembangan tenaga kerja Indonesia yang berkelanjutan melalui bantuan teknis, keahlian, pelatihan, dan proyek yang lebih relevan dengan perencanaan strategis," kata Menaker Ida Fauziyah saat melakukan pertemuan bilateral dengan Direktur Jenderal ILO Gilbert Houngbo di Jenewa, Swiss, Jumat (10/6).

Proyek perencanaan strategis yang dimaksud berupa transformasi balai latihan kerja, manpower link and match, transformasi program pengembangan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, visi baru pengembangan hubungan industrial, reformasi pengawasan ketenagakerjaan, pengembangan ekosistem digital ketenagakerjaan, dan reformasi birokrasi.

"Semua program ini diharapkan mampu membantu lebih banyak penyerapan tenaga kerja," harapnya.

Selain itu, Menaker meminta dukungan ILO untuk dapat membuat program peningkatan kapasitas perencanaan dan pengembangan kebijakan ketenagakerjaan bagi pejabat Kementerian Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong Dirjen ILO untuk terus memperkuat peran Lembaga Kerja Sama Tripartit bagi negara anggotanya dalam merespons dinamika ketenagakerjaan saat ini.

"Saya juga meminta Dirjen ILO untuk mendukung peningkatan kapasitas manusia Indonesia di kantor ILO," terangnya.

Peningkatan kapasitas SDM itu, seperti pelatihan khusus untuk orang Indonesia tentang proses rekrutmen di kantor ILO di Headquarters dan kantor lapangan ILO, penempatan pejabat Indonesia di kantor ILO di Headquarters dan kantor lapangan ILO, dan proses rekrutmen staf internasional ILO dapat dilakukan di kantor ILO Jakarta.

Menaker Ida Fauziyah meminta Dirjen ILO Gilbert Houngbo mendukung pengembangan sektor ketenagakerjaan di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News