Menakertrans Tak Puas Pengangguran Turun Tipis pada Awal 2014

Menakertrans Tak Puas Pengangguran Turun Tipis pada Awal 2014
Menakertrans Tak Puas Pengangguran Turun Tipis pada Awal 2014

jpnn.com - MENAKERTRANS - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengaku tidak puas dengan angka pengangguran yang turun tipis di awal tahun 2014. Muhaimin menduga melemahnya pertumbuhan ekonomi Indomesia akibat imbas ekonomi global menjadi salah satu sebab menurunnya penyerapan tenaga kerja.

“Tentunya kita tidak puas dengan capain penurunan pengangguran yang tipis. Target penciptaan lapangan kerja tidak tercapai  salah satunya  karena pertumbuhan ekonomi Indonesia agak melemah akibat pengaruh ekonomi global, “kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Kemnakertrans pada Senin (5/5).

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran per Februari 214. Tingkat pengangguran terbuka tercatat sebesar 5,7% atau 7,15 juta jiwa. Angka tersebut turun dibandingkan Februari 2013 yang sebesar 5,82% (7,2 juta jiwa) maupun Agustus 2013 yang 6,17% (7,41 juta jiwa).

Kepala BPS Suryamin mengatakan, dalam setahun terakhir jumlah pengangguran bisa diturunkan sebanyak 50 ribu orang. Namun jika dibandingkan dengan Agustus 2013, jumlah pengangguran turun 260 ribu orang.

Muhaimin mengatakan pertumbuhan ekonomi yang terjadi selama ini juga belum dapat secara signifikan menyerap tenaga kerja baru. “Padahal semestinya setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi harusnya mampu menyerap 500 ribu tenaga kerja baru, Itu yang terjadi belum sampai ke situ,”kata Muhaimin.

Sebagai solusi mengurangi angka pengangguran, Muhaimin mengatakan pemerintah mendorong terjadinya hubungan industrial yang makin kondusif sehingga mampu meningkatakn produktivitas kerja.

“Dengan hubungan industrial  yang baik, maka produktivitas kerja akan meningkat dan diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja dan keuntungan perusahaan sehingga mampu membuka lowongan kerja baru,” kata Muhaimin.

Langkah lainnya adalah meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja yang sesuai dengan pasar kerja. Rendahnya standar kualitas ketrampilan dan kompetensi kerja, kata Muhaimin mengakibatkan calon tenaga kerja sulit menembus lowongan-lowongan yang disediakan  pasar kerja dan industri tanah air.

MENAKERTRANS - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengaku tidak puas dengan angka pengangguran yang turun tipis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News