Menang Nirkuasa

Oleh Dahlan Iskan

Menang Nirkuasa
Dahlan Iskan.

jpnn.com - Dua hari lalu KPU akhirnya mengumumkan hasil pemilu. Hasilnya: partai penguasa kalah. Hanya mendapat 115 kursi.

Itu pun dicurigai sudah lewat penggelembungan suara. Hitungan pihak oposisi partai itu hanya mendapat 97 kursi.

Namun, partai penguasa itu tampaknya akan tetap berkuasa: Partai Palang Pracharat. Partai ini memang berada di belakang militer. Yang melakukan kudeta lima tahun lalu.

Baca Juga:

Yang dikudeta adalah perdana menteri wanita: Yingluck Shinawatra. Adik kandung Thaksin Shinawatra, perdana menteri sebelumnya.

Partai yang didukung keluarga Shinawatra inilah yang menang: dapat 136 kursi. Yakni Partai Pheu Thai. Yang menurut hitungan internal mendapat 137 kursi.

Pemenang ketiga ternyata juga partai oposisi: Partai Future Forward. Di bawah pimpinan idola anak muda: konglomerat muda, Thanathorn Juangroongruangkit. Mendapat 80 kursi.

Baca Juga:

Masih ada empat partai kecil lagi yang akan bergabung ke oposisi. Menurut hitungan internal mereka oposisi akan bisa menguasai 255 kursi. Dari 500 kursi DPR.

Berarti cukup untuk menjadi mayoritas. Dan bisa membentuk pemerintahan baru.

Pada zaman Orde Baru saya pernah diangkat jadi anggota MPR utusan golongan seperti itu. Saya selalu ikut gerakan golputnya mahasiswa waktu itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News