Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala tanpa Batal Puasa

Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala tanpa Batal Puasa
ILUSTRASI. Sakit Kepala. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Sakit kepala disebabkan karena banyak hal.

Saat puasa, Anda pasti mengalami perubahan kebiasaan makan. Perubahan ini bisa membuat Anda rentan mengalami sakit kepala akibat tekanan darah yang rendah dan kurangnya pasokan gula dari makanan atau karena dehidrasi.

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena rasa kantuk akibat pola tidur yang berubah (seperti bangun sahur) diikuti rutinitas pekerjaan yang porsinya tidak berkurang. Lantas, bagaimana cara mencegah dan mengatasi sakit kepala datang?

Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya sakit kepala saat berpuasa, tanpa harus membatalkan puasa. Berikut tujuh tips yang bisa Anda lakukan:

1. Menu sahur yang tepat

Gula darah yang rendah saat berpuasa menjadi penyebab tersering sakit kepala. Ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi gula saat sahur. Akibatnya, kadar gula akan melonjak, kemudian merosot saat tengah hari.

Dianjurkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, cegah terjadinya kondisi ini dengan memilih menu sahur rendah indeks gula seperti bubur gandum atau kentang.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

Saat puasa, Anda pasti mengalami perubahan kebiasaan makan. Perubahan ini bisa membuat Anda rentan mengalami sakit kepala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News