Mencekam, Rutan Rusuh dan Terbakar, Empat Tewas, Gara-garanya...

Mencekam, Rutan Rusuh dan Terbakar, Empat Tewas, Gara-garanya...
Upaya pemadaman api saat kerusuhan pecah di Rutan Malabero Bengkulu, Jumat (25/3) malam. FOTO; Bengkulu Ekspress/jpnn.com

jpnn.com - BENGKULU – Suasana di Rutan Malabero Bengkulu mencekam, Jumat (25/3) malam. Kerusuhan pecah sekitar pukul 20.30 WIB (26/3). Ratusan tahanan blok A dan B mengamuk. Mereka berbuat brutal pascarazia yang dilakukan BNNP yang mengamankan empat tahanan narkoba. Salah satunya bernama Aceng. 

Mereka yang berstatus tahanan titipan Kejaksaan maupun Pengadilan Negeri itu, berusaha membobol tembok kamar dan melempari petugas rutan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu, dari dalam ruang tahanan mengunakan kayu dan batu. 

Kerusuhan tak berhasil dikendalikan sepuluh petugas BNNP dan Rutan Malabero, sehingga semakin membesar. 

Puncaknya, ratusan tahanan yang berhasil menjebol jeruji pagar pembantas antara blok A dengan ruang perkantoran mulai melakukan aksi pembakaran. 

Ruang pertama yang dibakar belum diketahui secara pasti, hanya api pertama tampak dari bagian depan blok A. Api terus membesar hingga membakar seluruh ruangan di blok A. 

Sementara blok B tidak ada tahanan atau napi, pascadipindahkan ke Lapas Bentiring. 

Akibat kejadian ini, empat tahanan tewas terbakar dalam kondisi mengenaskan. 

Selain itu tujuh tahanan luka-luka. Sementara itu, empat tahanan tewas merupakan tahanan di kamar No 7 blok A. Sejauh ini belum diketahui identitasnya, masih diidentifikasi polisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News