Mendag Siap Impor Gula

Mendag Siap Impor Gula
Mendag Siap Impor Gula
JAKARTA--Kementerian Perdagangan belum menentukan sikap terkait produksi gula yang diperkirakan turun tajam. Jika produksi gula mengalami penurunan, mereka akan melakukan impor gula kristal putih.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pihaknya akan mengambil sikap setelah memiliki komparasi data antara jumlah konsumsi dan produksi. 'Kalau bisa meyakinkan bahwa konsumsi sebesar A dan produksi di atas A, kita tidak akan impor. Tapi kalau produksi di bawah A, tentu kita harus impor,' ucapnya kemarin (28/11).

Untuk itu, informasi data harus seakurat mungkin sehingga membantu Kementerian Perdagangan dalam mengambil sikap. Menurut dia, pemerintah harus cerdas ketika menentukan akan melakukan impor. 'Berdasar data itu, kita akan ambil sikap dan kebijakan yang tepat dan sangat membela kepentingan nasional,' tandas dia.

Di tempat terpisah, Wakil sekjen DPN APTRIM Nur Khabsyin menolak tegas rencana impor gula. Menurut dia, kalau pemerintah melakukan impor dengan menggunakan alasan produksi gula turun, itu dinilai tidak tepat. 'Sampai sekarang, pemerintah belum menghitung berapa jumlah gula selundupan yang masuk dan berapa rembesan gula rafinasi yang dijual di pasar konsumsi,' kata dia.

JAKARTA--Kementerian Perdagangan belum menentukan sikap terkait produksi gula yang diperkirakan turun tajam. Jika produksi gula mengalami penurunan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News