Mendagri: Cuma Pilkada DKI yang Ramai

Mendagri: Cuma Pilkada DKI yang Ramai
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan unsur intilijen menggelar rapat koordinasi nasional (rakornis) untuk menghadapi‎ pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 mendatang.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, kerja sama ini untuk menjalin kerja sama agar menciptakan pilkada aman dan damai.

"Bagaimana intelijen bisa dikoordinasi dan sinkronisasi dengan BIN‎. Kemudian intelijen kejaksaan, dan kesbangpol yang punya jaringan," kata dia di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/11).

Dia menuturkan, kerja sama antar institusi merupakan faktor penting dalam menyukseskan pilkada yang melibatkan 101 daerah.‎ 

"Stabilitas daerah itu kuncinya agar pembangunan bisa sukses. Kemudian mencermati perkembangan dinamika di daerah," imbuh dia.

Dalam kesempatan ini, Kemendagri menyampaikan sejumlah data tingkat kerawanan penyelewengan dana penyelenggara daerah kepada intelijen. 

Sedangkan, intelijen Polri lebih memetakan daerah berdasarkan tingkat kerawanan konfliknya.

‎"Kami cuma menyampaikan area rawan korupsi, dana hibah bansos, retrebusi, dan pajak. Dagri kan bentuk jaringannya, forum pimpinan daerah di tingkat kecamatan. Camat tidak bisa berdiri sendiri ada babinsa, babinkamtibmas," jelas dia.

JAKARTA - Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan unsur intilijen menggelar rapat koordinasi nasional (rakornis) untuk menghadapi‎

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News