Mendagri: Jangan Hanya Manado Fiesta dong, Daerah Lain Mana?

Mendagri: Jangan Hanya Manado Fiesta dong, Daerah Lain Mana?
Mendagri Tjahjo Kumolo menghadiri Manado Fiesta. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, MANADO - Kehadiran Mendagri Tjahjo Kumolo disambut meriah warga yang menyaksikan pembukaan festival Manado Fiesta. Bahkan, Tjahjo didaulat untuk membuka resmi festival tersebut.

"Sulut ini pintu gerbang Indonesia. Provinsi majemuk. Provinsi yang menerima semua suku," kata Tjahjo di Manado, Sulut, Jumat (31/8).

Hal itu bisa terwujud, lanjutnya, karena warga Manado terkenal dengan keramahannya. Kunci lainnya adalah stabilitas keamanan. Tentu suksesnya program pariwisata bisa mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Atas nama pemerintah pusat kami mengapresiasi Manado Fiesta rutin dilaksanakan. Manado ini pintu gerbang. Pintu masuk bagi turis dari Tiongkok, turis dari Korsel. Manado telah jadi pintu gerbang pariwisata," tuturnya.

Tjahjo berharap, tak sekadar Manado Fiesta, atau Tomohon yang terkenal dengan festival bunganya. Tapi daerah lainnya di Sulut, diharapkan juga bisa menampilkan potensi pariwisatanya.

Mendagri: Jangan Hanya Manado Fiesta dong, Daerah Lain Mana?

"Seluruh Sulut harus punya potensi wisata. Tempat yang indah juga kulinernya. Manado telah jadi pintu gerbang. Mau masuk ke Sulsel, Biak, Papua Barat sampai Bali, Manado jadi pintu masuk," kata Tjahjo.

Ia contohkan, setelah dibuka penerbangan ke Cina, kini turis dari negeri tirai bambu itu banyak datang ke Manado dan Sulut. Mereka turis. Bukan tenaga kerja seperti yang selama ini ramai dihembuskan.

Bukan hanya Manado Fiesta, Mendagri Tjahjo Kumolo berharap kabupaten/kota di Sulut lainnya juga punya keunggulan sektor pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News