Mendagri Tito Karnavian Serahkan Hewan Kurban Komponen Kemendagri dan BNPP

Mendagri Tito Karnavian Serahkan Hewan Kurban Komponen Kemendagri dan BNPP
Mendagri Tito Karnavian (kanan) menyerahkan hewan kurban secara simbolis di lingkungan Kemendagri dan BNPP kepada Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo, Senin (26/6). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan hewan kurban secara simbolis di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Kegiatan penyerahan hewan kurban menjelang perayaan Iduladha 1444 Hijirah yang jatuh pada 29 Juni 2023 tersebut berlangsung di halaman Masjid An Nuur Kemendagri, Jakarta, Senin (26/6).

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, penyembelihan hewan kurban merupakan ritual tahunan umat muslim yang penting dimaknai bukan hanya sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada pencipta-Nya.

Namun, berkurban juga mencerminkan hubungan antarmanusia sebagai bentuk solidaritas atau kesetiakawanan sosial.

"Kalau kita lihat dalam konteks selanjutnya, ini juga ada hablum minannas-nya, hubungan dengan manusia, karena setelah itu ritual itu diganti betul-betul dengan hewan kurban, sapi atau domba, unta, dan dagingnya dibagikan, dagingnya dibagikan adalah dalam bentuk kesetiakawanan sosial, hubungan antarmanusia," kata Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya.

Mendagri Tito Karnavian juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia yang terlibat, pejabat eselon I, maupun pejabat terkait lainnya yang telah memobilisasi jajaran komponen Kemendagri dan BNPP untuk melaksanakan ibadah kurban.

“Insya Allah ibadah kurban ini akan memperkuat iman kita kepada Allah SWT dan kita lebih kuat lebih imun menghadapi berbagai macam godaan-godaan,” kata Tito.

Sementara itu, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo selaku Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Iduladha 1444 Hijriah di Lingkungan Kemendagri dan BNPP melaporkan perkembangan jumlah hewan kurban.

Jelang perayaan Iduladha 1444 H, Mendagri Tito Karnavian menyerahkan hewan kurban secara simbolis di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News