Mendagri Upayakan Perppu Ormas Lewat Musyawarah Mufakat

Mendagri Upayakan Perppu Ormas Lewat Musyawarah Mufakat
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II DPR akan mengambil keputusan tingkat satu Perppu Ormas, Senin (23/10). Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali optimistis pengambilan keputusan akan dicapai dengan cara musyawarah mufakat.

Amali optimistis karena Komisi II DPR sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak. Fraksi yang ada pun sepakat untuk menyelesaikan dengan musyawarah mufakat. Namun, politikus Partai Golkar itu memahami bahwa ini area politik sehingga tidak ada yang bisa menggaransi tidak ada perubahan.

Bisa saja terjadi perubahan sikap fraksi-fraksi di detik-detik terakhir. “Tapi kami harapkan selesai di sini sehingga di paripurna saya tinggal melaporkan dan tinggal mengesahkan apa yang (sudah diputuskan) di Komisi II,” ujar Amali sebelum rapat di gedung DPR, Jakarta, Senin (23/10).

Sementara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah menginginkan terjadinya musyawarah mufakat dulu. “Apa pun ini menyangkut ideologi Pancasila,” kata dia sebelum rapat, Senin (23/10).

Dia menegaskan negara punya aturan. “Saya kira sudah komitmen dengan namanya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegas mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Dia menegaskan, ormas apa pun yang berserikat memang dilindungi UU. Namun, prinsip menerapkan Pancasila harus menjadi komitmen pemerintah dan DPR. “Nah makanya nanti kami optimistis sekali teman-teman di fraksi ada kesepakatan,” tegasnya. (boy/jpnn)


Mendagri optimistis fraksi-fraksi di DPR sepakat.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News