Mendikbud Pastikan Usulan Kenaikan Pangkat Dosen Bisa Dipantau Lewat Ponsel

Mendikbud Pastikan Usulan Kenaikan Pangkat Dosen Bisa Dipantau Lewat Ponsel
Mendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan tiga sistem aplikasi pendidikan tinggi secara daring. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan usulan kenaikan pangkat dosen akan lebih mudah dipantau lewat ponsel.

Caranya hanya dengan mengakses sistem pelacakan mandiri penilaian angka kredit (Selancar PAK).

"Kami telah mendengar keluhan bapak dan ibu dosen yang kesulitan mendapatkan informasi proses pengusulan kenaikan pangkat atau jabatan akademik. Itu sebabnya kami meluncurkan aplikasi penelusuran proses pengajuan usulan kenaikan pangkat dosen, yakni Selancar PAK,” tutur Nadiem Makarim saat meluncurkan Selancar PAK dosen, dasbor indikator kinerja utama perguruan tinggi negeri (IKU PTN), serta command center pendidikan tinggi secara daring, Jumat (5/3).

Selancar PAK adalah sistem digital untuk mempermudah para pengguna layanan penilaian angka kredit (PAK) untuk jabatan lektor kepala dan profesor.

Dosen bisa mengetahui proses perjalanan usulannya dari mulai pengajuan sampai dengan proses penetapan PAK.

"Aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan pada ponsel, sehingga memudahkan dosen mengetahui proses dan status usulan dan mendapatkan informasi melalui notifikasi email dan WhatsApp secara real time dan transparan,” tambah Nadiem.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Papua Meky Sagrim yang menyambut baik hadirnya aplikasi Selancar PAK bagi para dosen dan tenaga fungsional pendidikan tinggi.

Senada, Iskandar, selaku perwakilan Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong, menyampaikan, Selancar PAK aman, praktis, dan sangat mudah digunakan.

Kemendikbud meluncurkan aplikasi yang memudahkan memantau usulan kenaikan pangkat dosen secara online dan real time.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News