Menebak Langkah Disney Usai Melahap Fox

Menebak Langkah Disney Usai Melahap Fox
Episode kartun The Simpson memperlihatkan logo 20th Century Fox yang memiliki tulisan A Division of Walt Disney Co. di bawahnya. (Fox)

jpnn.com - Mendekati akhir tahun, dunia hiburan heboh berkat aksi Disney mengakuisisi 21st Century Fox. Tidak tanggung-tanggung, nilainya mencapai USD 52,4 miliar atau setara Rp 706,5 triliun.

Kontrak fantastis itu membuat Disney makin bertaji di Hollywood. Sebab, Fox memiliki franchise X-Men dan franchise Avatar kreasi James Cameron. Disney juga berkesempatan menguasai aset internasional serta stasiun TV kabel yang dimiliki Fox.

Akuisisi tersebut dinilai para kritikus sebagai ancaman nyata buat para kompetitor seperti Warner Bros., Paramount, dan Universal.

”Disney ibarat Wal-Mart di Hollywood. Raksasa dan dominan. Hal itu punya dampak besar dalam naik-turunnya supply chain film,” terang Barton Crockett, media analis untuk B. Riley FBR, sebagaimana dikutip Bloomberg.

”Yang aku takutkan, produksi film tidak ubahnya cetakan kue. Produknya sama semua,” imbuhnya.

Terlebih, dalam kesepakatan tersebut, Disney turut membeli Fox Searchlight, subsider Fox yang karyanya menyasar pasar penonton dewasa yang enggak Disney banget.

Kritikus memprediksi, Disney butuh setidaknya setahun untuk terjun secara penuh ke produksi film maupun TV Fox. Nah, berikut kira-kira langkah yang bakal diambil Disney selanjutnya. (adn/fam/c7/na)

- Memperluas pasaran serial TV Disney dengan menawarkan program mereka via jaringan konten hiburan 21st Century Fox di seluruh Amerika, Eropa, dan Asia.

Kritikus memprediksi, Disney butuh setidaknya setahun untuk terjun secara penuh ke produksi film maupun TV Fox.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News