Menezes Renovasi Tim Samba

Coret 19 Pemain PD 2010

Menezes Renovasi Tim Samba
BARU - Mano Menezes, pelatih terbaru Brazil, saat memperlihatkan jaket tim Samba kepada wartawan, dalam jumpa pers di Rio de Janeiro, Senin (26/7). Foto: Xinhua/Reuters.
SAO PAULO - Pelatih baru identik dengan kebijakan baru. Itu pula yang dilakukan arsitek anyar Brazil Mano Menezes jelang uji coba melawan Amerika Serikat (AS) pada 11 Agustus mendatang. Tidak tanggung-tanggung, dia mencoret 19 pemain yang tergabung dalam skuad Samba - julukan Brazil - di Piala Dunia 2010. Sebagai gantinya, dia memasukkan nama-nama pemain muda, yang 10 di antaranya merupakan pemain klub lokal Brazil.

Itu berarti, dari 23 nama yang dibawa oleh Carlos Dunga di Piala Dunia lalu, hanya tersisa empat nama. Mereka adalah defender Barcelona Daniel Alves, gelandang Benfica Ramires, bek tengah AC Milan Thiago Silva, dan striker Santos Robinho. Pemain berstatus bintang macam Kaka, Luis Fabiano, dan Douglas Maicon pun tidak masuk daftar.

Sebaliknya, nama-nama yang ditinggalkan Dunga seperti penyerang AC Milan Alexandre Pato dan striker Santos Neymar kali ini masuk skuad. Sebelum Piala Dunia lalu, Dunga banyak dikecam lantaran mencoret dua penyerang muda itu.

"Ini adalah awal dari rangkaian renovasi yang saya rencanakan," ungkap Menezes seperti dilansir Associated Press. "Renovasi ini bakal terus berjalan sepanjang empat tahun ke depan dengan tujuan akhir Piala Dunia 2014. Olimpiade London 2012 bisa menjadi tujuan antara. Dari situ kami bakal mengevaluasi semuanya," papar dia.

SAO PAULO - Pelatih baru identik dengan kebijakan baru. Itu pula yang dilakukan arsitek anyar Brazil Mano Menezes jelang uji coba melawan Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News