Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama Daripada Pria?

Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama Daripada Pria?
ILUSTRASI

jpnn.com, JAKARTA - Angka tidak berbohong, wanita cenderung hidup lebih lama daripada pria.

Pria Amerika rata-rata akan hidup sampai usia 76 tahun, menurut angka CDC terbaru, sementara wanita rata-rata di Amerika akan hidup sampai usia 81tahun.

BACA JUGA: Olahraga Simpel, Manfaat Melakukan Squat Setiap Hari

Indeks HALE dari Organisasi Kesehatan Dunia, yang menghitung jumlah tahun yang bisa diharapkan seorang pria atau wanita untuk hidup tanpa penyakit atau cedera utama, menemukan bahwa pria Amerika akan menikmati 67 tahun waktu hidup yang sehat, sementara wanita Amerika akan menikmati 70 tahun masa “sehat yang penuh.

Kesenjangan umur pria-wanita ini bukanlah fenomena baru. Para ahli telah mengetahuinya selama beberapa dekade. Itu juga tidak terbatas pada orang Amerika.

"Kesenjangan gender dalam harapan hidup ini berlaku untuk semua masyarakat," kata Dr. Perminder Sachdev, seorang profesor neuropsikiatri di Universitas New South Wales di Australia yang telah mempelajari panjang umur manusia, seperti dilansir laman MSN, Senin (1/4).

Mengapa wanita cenderung hidup lebih lama dari pria? Sachdev mengatakan ada beberapa teori populer — beberapa berkaitan dengan biologi dan beberapa berkaitan dengan perilaku.

"Pria lebih cenderung merokok, minum berlebihan dan kelebihan berat badan," jelas Sachdev.

Kesenjangan umur pria-wanita bukanlah fenomena baru. Para ahli telah mengetahuinya selama beberapa dekade. Itu juga tidak terbatas pada orang Amerika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News