Mengatasi Kecemasan Ibu Hamil, Senam Ini Bisa Dicoba

Mengatasi Kecemasan Ibu Hamil, Senam Ini Bisa Dicoba
Ibu-ibu hamil mengikuti gerakan instruktur mempraktikkan senam yophytta. Angger Bondan/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Lusy Larasati, 26, tampak antusias menirukan setiap gerakan senam hamil yophytta. Bersama 578 peserta lain, senam hamil bareng itu Minggu (15/2) berhasil memecahkan salah satu rekor Muri dengan kategori peserta ibu hamil terbanyak.

Lusy sengaja mengikuti senam hamil itu karena ingin lebih memperkuat otot-otot yang berperan selama masa kehamilan dan persalinan.

”Lebih segar setelah ngikuti gerakan-gerakannya. Aku bakal ngelakuin ini di rumah,” ungkap perempuan yang tengah hamil empat bulan tersebut kepada Jawa Pos (Induk JPNN.com).

Yophytta merupakan kombinasi dari gerakan-gerakan yoga, pilates, hypnotherapy, dan tai chi.

Prof Dr dr Budi Santoso SpOG(K), peneliti senam yophytta, mengatakan bahwa senam tersebut menurunkan tingkat kecemasan yang berpengaruh pada kehamilan dan hormon.

”Senam hamil seperti ini jika rutin dilakukan membuat angka operasi Caesar akan turun di Indonesia,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan pencetus senam yophytta Arsaningsih. Senam kombinasi kreasinya itu memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, tentu bila dilakukan dengan tepat. ”Ini membantu ibu-ibu hamil berpikir positif dan menjaga kestabilan emosi saat hamil agar terjalin ikatan batin yang bagus antara ibu dan anak,” ungkapnya.

Meski demikian, ibu dengan usia kehamilan di bawah empat bulan sebaiknya tidak mencoba gerakan-gerakan senam itu. Sebab, usia kehamilan kurang dari empat bulan pada beberapa kondisi membutuhkan perhatian serta kehati-hatian. (rid/c11/nda)


Lusy Larasati, 26, tampak antusias menirukan setiap gerakan senam hamil yophytta. Bersama 578 peserta lain, senam hamil bareng itu Minggu (15/2)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News