Mengejutkan! Temuan PLN dan Polda soal Limbah Kabel

Mengejutkan! Temuan PLN dan Polda soal Limbah Kabel
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan investigasi terkait adanya temuan 22 truk pelindung kabel di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

"Ini dilakukan sebagai upaya PLN untuk membantu kinerja polisi (Polda Metro Jaya) mengungkap dalang di balik penemuan pelindung kabel sebanyak 22 truk tersebut," ujar General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Syamsul Huda di Jakarta, Sabtu (5/3).

PLN sambung Syamsul, bahkan mengajak kepolisian untuk melihat langsung kabel yang saat ini digunakan oleh perseroan di tempat penyimpanan material, yakni Gudang Pulomas.

Nah, mengejutkan. Ternyata jenis kabel yang dipasang oleh PLN dalam 20 tahun terakhir berjenis XLPE 3 x 240 mm2 dengan diameter armour 10 cm. Sedangkan pelindung kabel yang ditemukan di selokan atau gorong–gorong tersebut berdiameter 3-5 cm.

Menurut spesifikasi kabel yang ditemukan, kabel tersebut menurut Syamsul, karakteristiknya menyerupai kabel berisolasi kertas atau minyak yang pernah digunakan PLN pada akhir 70-an.

“Meskipun ada perbedaan jenis dan diameter kabel yang saat ini kami gunakan dengan kabel yang ditemukan, namun PLN akan terus membantu penyelidikan kepolisian," tandas Syamsul. (chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News