Mengenal Jenis Wine yang Pas Buat Lidah Indonesia

Mengenal Jenis Wine yang Pas Buat Lidah Indonesia
Gueillermo Ruenes (kiri) menuangkan wine kepada Breliana Sugijanto (kanan) dan teman-temannya. (Chandra Satwika/Jawa Pos/JawaPos.com)

jpnn.com - Mencicipi dan memahami karakteristik wine sangat asyik. Varian dan cita rasanya berbeda di setiap daerah produksinya. Tak jarang, wine membuat para pencintanya ketagihan dan tergoda untuk menelisik setiap sesapan khas darinya.

Misalnya, sajian 100 jenis wine dari 10 negara pada Wine Tasting Road Show yang diadakan The Consulate beberapa waktu lalu. Berbagai unsur dalam wine menarik untuk diketahui.

Mulai jenis, asal usul, tahun produksi, hingga cara khas untuk menikmatinya. Minuman yang menjadi sajian para raja Eropa itu biasanya dipadu dengan makanan tertentu untuk memberikan sensasi istimewa di lidah.

’’Lidah orang Indonesia terbagi dua tipe. Yakni, penggemar wine dari Prancis dan Argentina,’’ jelas General Manager PT Trio Abadi Selaras Elbo Hidayat sebagai salah satu perusahaan distributor wine di Indonesia. Menurut dia, dua negara tersebut menghasilkan wine dengan karakter khusus.

Anggur sebagai bahan baku wine hanya bisa tumbuh di daerah tertentu. Misalnya, Gran Mar Chardonnay/Torrontes asal Argentina. Argentina merupakan salah satu negara penghasil wine terbesar.

Wine berjenis white wine tersebut bertekstur ringan dengan rasa buah yang kuat. ’’Anggur jenis ini memiliki rasa mix antara vanila dan buah-buahan sehingga rasanya cenderung manis,’’ jelas wine principal asal Argentina Sofia Kitouni dalam bahasa Inggris.

Menurut dia, kebun-kebun anggur di Argentina jarang menghadapi masalah, baik serangga, jamur, maupun penyakit lain, yang memengaruhi kualitas anggur. Karena itu, para petani bisa membudidayakan anggur minim pestisida. ’’Anggur Argentina kebanyakan ditanam di dataran tinggi dengan udara yang sejuk,” paparnya.

Di Indonesia, banyak orang yang menggemari wine Argentina karena rasanya yang cenderung manis. ’’Easy to drink,’’ ucap Kitouni.

Mencicipi dan memahami karakteristik wine sangat asyik. Varian dan cita rasanya berbeda di setiap daerah produksinya. Tak jarang, wine membuat para

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News