Mengenal Pidie, Surga Durian dan Wisata Alam di Pesisir Malaka

Mengenal Pidie, Surga Durian dan Wisata Alam di Pesisir Malaka
Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud alias Bang Fad. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, PIDIE - Hamparan pasir putih pantai Pidie, Aceh membentang sejauh mata memandang. Semilir angin akan menghantarkanmu pada jejak-jejak kejayaan Selatan Malaka. Gunung Peuet Sagoe menitipkan pesan lewat angin bahwa Kabupaten Pidie menjanjikan kenyamanan dan ketentraman dan kenangan tak terlupakan bagi siapa saja yang datang berkunjung.

Pidie, adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten beribu kota Sigli ini memiliki populasi terbesar kedua di Bumi Rencong setelah Kabupaten Aceh Utara.

Jumlah penduduk kabupaten Pidie pada 2021, 435.492 jiwa, dengan kepadatan 141 jiwa dan luas 3.184 km². Terdiri dari pegunungan, hamparan sawah, dan laut. Sedangkan, garis pantai Pidie seluas 42 KM.

Lalu, 62% kawasan hutan. Pidie juga dikenal dikenal dengan geliat kuliner khasnya. Mulai dari sayur kari kambing, hasil laut berupa ikan segar, emping, dan kue khas kue apam pidie.

Pusat kota Pidie, berada di Sigli atau Kecamatan Kota Sigli. Alun-alun kota ini yang terletak di tepi pantai membuat banyak masyarakat lokal ataupun wisatawan terpikat oleh indahnya pantai selat malaka sembari menikmati suara deburan ombak.

Di sekeliling alun-alun Kota Sigli juga terdapat banyak tempat wisata kuliner yang sayang jika dilewatkan. Inilah kenapa harus datang ke Pidie. Sebab, sangat indah, kaya budaya, dan kuliner.

"Wisata bahari. Garis pantai kita indah-indah semua. Cocok lah, untuk mandi dan bermain di laut," kata Fadhlullah TM Daud di Pidie, Aceh.

Bahkan, kata dia, Pantai Mantak Tari merupakan wisata pantai di Kabupaten Pidie cukup populer dikalangan masyarakat setempat. sebab, keindahan pasir pantai berwarna hitam yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kabupaten Pidie menjanjikan kenyamanan dan ketentraman dan kenangan tak terlupakan bagi siapa saja yang datang berkunjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News