Mengintip Dapur Produksi Confero dan Cortez, Standar Amerika

Mengintip Dapur Produksi Confero dan Cortez, Standar Amerika
Pabrik Wuling Motors di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, CIKARANG - Tahun ini, terhitung sejak Januari-April 2018 sebanyak 5000 unit lebih produk kendaraan Wuling Motors terdistribusikan dari fasilitas produksi Wuling di pabrik Greendland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik yang sudah beroperasi pertengahan tahun lalu itu memiliki total kapasitas produksi 120 ribu unit per tahunnya, dengan kemampaun per jamnya memproduksi 15 unit mobil.

Dalam kesempatan spesial, JPNN.com secara langsung menyaksikan proses produksi kendaraan Wuling di pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 60 hektar tersebut, dan telah melahirkan dua produk andalan Wuling, yakni Confero dan Cortez.

Mengintip Dapur Produksi Confero dan Cortez, Standar Amerika
Proses perakitan di pabrik Wuling Motors Cikarang, Jawa Barat. (Foto: Ist/jpnn)

"Total saat ini baru 15 unit mobil jadi per jamnya, ini kombinasi Confero dan Cortez. Bisa ditingkatkan jadi 25 unit per jam dan sekarang masih satu shift dan pabrik kita bisa 3 shift," ungkap Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana, di GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, (8/5).

Pabrik berkonsep modern dengan standar General Motors, yang memanfaatkan keahlian tenaga manusia serta robotik tersebut diharapkan bisa melahirkan produk kendaraan Wuling dengan akurasi terbaik.

Adapun seluruh kendaraan Wuling dalam proses produksinya melewati tahapan mulai dari press (pengepresan), welding (pengelasan), paint (pengecetan) kemudian assembly (perakitan).

"Setelah unit jadi dan telah melewati quality control pada setiap bagian termasuk proses pengujian kebocoran, baru mobil akan dilakukan uji test jalan di area yang secara khusus dirancang untuk pelbagai pengujian," tambah Arif.

Empat bulan pertama 2018, sudah 5000 unit lebih kendaraan Wuling terdistribusikan dari fasilitas produksinya di Cikarang, Bekasi, yang diklaim berstandar GM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News