Mengintip Dolby Theatre, Rumah Piala Oscar

Mengintip Dolby Theatre, Rumah Piala Oscar
Dolby Theatre saat perhelatan Academy Awards alias The Oscars

jpnn.com - Dolby Theatre resmi dibuka pada 2001. Disebut Kodak Theatre, sesuai perusahaan yang membeli hak penamaan. Dan, sejak itu pula, gedung rancangan David Rockwell tersebut menjadi ’’rumah’’ The Oscars.

Sebelumnya, sejak 1929, Academy Awards dilaksanakan berpindah-pindah. Mulai dari The Roosevelt Hotel, Shrine Auditorium, hingga Santa Monica Civic Auditorium.

Gedung lima lantai tersebut berada dalam kompleks Hollywood Highland. Banyak resto, gerai fashion dan suvenir, hingga plaza kecil. Tidak pernah sepi dari turis.

Jika sedang tidak menggelar acara, wisatawan bisa mengikuti tur Dolby Theatre. Cukup membayar USD 15 (sekitar Rp 207 ribu), kita bisa melihat-lihat venue yang mampu menampung 3.400 orang itu. Jawa Pos mengikuti tur tersebut saat berkunjung ke Los Angeles Januari lalu.

Masuk ke Dolby Theatre, kita bakal disambut lobi panjang yang kanan kirinya diapit pilar-pilar kembar. Jika diperhatikan, di pilar-pilar tersebut ada tulisannya. Yakni, tahun berikut pemenang Best Picture Oscar saat itu.

Tiap-tiap pilar memuat enam edisi Academy Awards. Pilar paling depan memuat Oscar edisi 1929 (pemenangnya Wings) hingga 1935 (It Happened One Night). Makin ke dalam, pilar masih mampu memuat pemenang Oscar hingga edisi 2071.

Di tengah lobi, terdapat tangga besar berwarna merah yang menghubungkan lobi ke pintu masuk utama hall yang terletak di lantai 2. ’’Para nomine berjalan dari red carpet, lalu langsung menuju hall lewat tangga itu. Grand staircase sebutannya,’’ ungkap Noveen Grant, pemandu kami siang itu.

’’Yang bukan anggota penting Academy atau selebriti A-lister, lewat sana,’’ lanjutnya, menunjuk pintu masuk di belakang tangga. Ke sanalah peserta tur menuju.

Dolby Theatre resmi dibuka pada 2001. Disebut Kodak Theatre, sesuai perusahaan yang membeli hak penamaan. Dan, sejak itu pula menjadi rumah Piala Oscar

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News